Friday, October 4, 2019

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total / Bootloop

Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start – Pada masa serba teknologi kini ini, kita tentu tidak aneh lagi dengan suatu hal yang sering kita sebut dengan Smartphone, handphone atau ponsel cerdas . Begitu banyak jenis ponsel ber-Merk  yang telah di produksi oleh perusahaan perusahaan ternama di negara-negara besar, contohnya Sony, Blackberry, Samsung, Nokia, Xiaomi, Asus, Everross, Lenovo, dan masih banyak merk tersohor yang lainnya. Handphone Android secara tiba-tiba tidak mau restart, bootloop ataupun mati total seringkali terjadi dan dialami oleh pengguna Android. Masalah menyerupai sering kali menciptakan panik, dan menyerah. Bagaimana cara mengatasi Smartphone / Tablet Android boot loop, atau tidak mau restart ?

Cara memperbaiki ponsel Android bootloop / mati total paling sederhana dan mudah yaitu mengembalikan ke setelan pabrik atau Factory Reset  melalui Recovery Mode. Cara ini yaitu salah satu tips untuk memperbaiki smartphone tanpa memakai pc. Bagi kalian yang tidak begitu mengenal wacana Factory Reset perlu kami jelaskan bahwa Factory Reset ialah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, pada ketika kondisi pertama kali beli, sering pula disebut dengan setelan pribadi dari pabrik.

Jika anda mengalami tragedi menyebalkan menyerupai yang kita bahas kali ini anda tidak perlu khawatir, lantaran kali ini saya ingin berbagi Tips Cara Mengatasi Hp Android Mati Total. Sebelum kita tahu cara mengatasinya alangkah lebih baiknya megetahui Beberapa Jenis Penyebab Bootloop Android, diantaranya :

1). Android Light Bootloop
Masalah ini biasanya lantaran pengguna ponsel Android/ Tablet pada ketika pemakain normal Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba ponsel Android / Tablet anda Reboot atau Restart otomatis namun ketika dihidupkan kembali hanya hingga logo dan berhenti disitu.

2). Android Medium Bootloop
Biasa muncul dikarenakan pengguna mengutak-atik smartphone Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk menjalankan system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.

3). Android Hard Bootloop
Android hard bootloop muncul dikarenakan kita mengedit sricpt pada ponsel Android . Contohnya Meng-upgrade OS, biasanya ketika kita bertujuan mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya sanggup masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya mempunyai ciri ketika dinyalakan hanya hingga logo saja, tak bergerak lagi.

Sebaiknya lakukan Factory Reset sebagai opsi terakhir jikalau semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil, dikarenakan langkah ini sanggup berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya sehingga perlu melaksanakan install ulang. Jika yakin tidak ada solusi dan cara mengatasi smartphone / tablet boot loop, mati total, atau tidak sanggup start, maka Anda sanggup melaksanakan langkah “Factory Reset” dengan cara berikut :

Penyebab dan Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total / Bootloop

 kita tentu tidak aneh lagi dengan suatu hal yang sering kita sebut dengan Smartphone Penyebab dan Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total / Bootloop


1. Masuk ke sajian Setting >> Privacy >>  Factory Data Reset

Tidak semua HP/tablet Android tersedia sajian tersebut, maka sanggup memakai buatan pihak lain, menyerupai ClockwordMod Recovery atau xRecovery .
Apa sih fungsi Recovery Mode. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami persoalan sebagai berikut :

Cara melaksanakan factory reset via recovery mode secara ringkas sanggup dijalankan dengan dua langkah berikut.

1. Tahap 1adalah dengan Masuk ke recovery mode
  • Masuk ke sajian recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya >> tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) >> selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
    Catatan : Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  sanggup berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
2. Tahap 2 yaitu Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berada pada sajian recovery mode, pilihlah fitur Wipe Data / Factory Reset selanjutnya restart handphone Anda. Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan rujukan cara melaksanakan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young. Tetapi juga sanggup digunakan pada ponsel advan, LG, sony xperia, lenovo, asus.

  • Sebaiknya daya baterai masih cukup (minimal 70%)
  • Matikan handphone
  • Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke sajian recovery mode Android
  • Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di goresan pena Factory reset / wipe data
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar ketika proses berlangsung
  • Reboot handphone
Untuk masuk ke dalam sajian Recovery Mode, hanya sanggup dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Demikianlah klarifikasi wacana cara mengatasi android bootloop, mati total, dan tidak mau start biar artikel kami kali ini sanggup membantu menemukan jalan keluar atas persoalan yang sedang Anda hadapi ketika ini. Untuk mengingatkan sebelum melaksanakan hal diatas jangan lupa selalu untuk backup file yang ada pada ponsel smartphone android anda. Baca juga artikel menarik kami tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas. Salam Ponsel !!

No comments:

Post a Comment