Friday, October 4, 2019

Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera Dslr

Tips fotografi | Mengatasi Kamera muncul jamur - Bagaimana cara membersihkan jamur pada lensa kamera DSLR ? Jamur merupakan salah satu pemicu yang sanggup menjadikan foto yang manis sulit kita dapatkan dikala memotret. Oleh lantaran itu kita perlu sebisa mungkin mengatasi jamur yang ada di kamera digital milik kita. Terdapat beberapa kategori posisi dan jenis jamur pada lensa kamera kita yang kadang-kadang tidak selalu sama. Sebagai misalnya kalau posisi jamur berada pada belahan pinggiran lensa, maka tidak terlalu kuat atau terlihat efeknya pada dikala kita melaksanakan pengambilan foto zoom in pada lensa, akan tetapi sangat mengganggu apabila lensa kita berjamur tepat berada di belahan tengah.

Dari beberapa pengalaman, lensa kamera digital sanggup berjamur akhir penyimpanan yang kurang tepat, sering kali lantaran kita menyimpan pada tempat yang lembab namun kita kurang menyadarinya. Contohnya kalau kamera DSLRkita simpan pada lemari pakaian, meskipun terlihat kering terkadang ada beberapa pakaian yang masih belum kering secara sempurna. Pada tingkat kelembaban tertentu, jamur masih belum sanggup muncul pada lensa kamera kita, namun apabila disimpan pada tempat yang lembab dalam kurun waktu yang lama, maka suatu dikala nanti lensa kita akan berjamur.

Lalu solusi mirip apa yang sanggup dipakai sebagai cara merawat kamera DSLR kita ? Yang menjadi dilema ialah apabila jamur telah melekat pada belahan dalam lensa kamera digital kita, terpaksa kita harus membongkar lensa tersebut dan ini tidak dianjurkan bagi pemula yang sedang mencar ilmu fotorgrafi. Kami sering kali merekomendasikan teman - teman photografer yang lensanya berjamur untuk segera membawa ke service center resmi atau tempat reparasi profesional terdekat dikota anda, lantaran membutuhkan keahlian khusus untuk membongkar belahan dalam lensa kamera digital serta peralatan yang memadai.

Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR


cara membersihkan jamur pada lensa kamera DSLR Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Kembali lagi ke pokok bahasan, cara membersihkan lensa camera dslr yang sudah terlanjur tumbuh dan berkembang ada beberapa tips yang sanggup dilakukan. Dalam hal ini kami membaginya menjadi beberapa kategori:

1. Jamur ringan
Dalam kategori ini jamur terdapat pada belahan optik luar lensa (baik belahan depan atau belakang) yang sanggup pribadi dijangkau/dilakukan pencucian dengan tanpa harus membongkar elemen lensa. Pada tahap ini umumnya umur jamur belum menahun, jadi bisa dibilang masih berupa bakal jamur berupa bintik-bintik dan belum melebar menjadi satu kesatuan jamur yang lebih besar.

  • Solusi mengatasi lensa yang berjamur :
Pada tahapan ini jamur sanggup dibersihkan dengan cairan pembersih lensa yang banyak dijual ditoko-toko aksesoris kamera. Gunakan kain paling lembut dan bertekstur halus, gosok perlahan dan optik lensa jangan ditekan terlalu keras lantaran sanggup menjadikan baret halus. Ulangi sampai jamur benar-benar hilang dan lensa kembali bersih. Setelah benar-benar higienis gunakan kertas tisu lensa sebagai proses finishing untuk mengangkat sisa-sisa debu, minyak dan lembab bekas ukiran tangan dikala proses pembersihan.

2. Jamur Berat
Dalam kategori ini bakal-bakal jamur mulai menyatu menjadi satu kesatuan, berukuran relatif lebih besar sampai menutupi seluruh optik pada lensa. Dalam kasus ini biasanya jamur telah berusia bulanan atau bahkan tahunan akhir dari akumulasi pembiaran dari bibit-bibit jamur tanpa segera dilakukan pembersihan. Umumnya juga posisi jamur terletak pada elemen optik lensa belahan dalam yang tidak sanggup secara pribadi dilakukan pencucian lantaran harus melaksanakan pembongkaran pada elemen lensa yang berarti juga harus memahami tehnik dalam bongkar pasang lensa.

Pada tahap terparah terkadang ditemukan juga elemen optik lensa yang telah terlihat mirip kabut (fog) terutama pada optik belahan dalam yang terdiri atas beberapa elemen lensa yang digabungkan menjadi satu belahan dengan proses pengeleman.

  • Solusi mengatasi lensa yang berjamur :
Jika optik yang terkena jamur berada di belahan dalam lensa, mau tidak mau harus dilakukan pembongkaran/melepas elemen lensa (catatan: Anda harus memahami tehnik bongkar pasang lensa) sebelum dilakukan pembersihan. Gunakan buku panduan/manual lensa yang dapt dicari di internet atau sanggup mengunjungi kategori Service pada halaman lain blog ini.

Untuk Fog atau lensa berkabut berdasarkan klarifikasi teknisi yang biasa menangani perbaikan dan pencucian lensa (cuci lensa) disebabkan lantaran pemuaian dari lem yang dipakai untuk menggabungkan antara 2 elemen atau lebih pada optik lensa, solusinya eleman-elemen optik lensa yang menyatu tersebut harus terlebih dahulu dipisahkan antara belahan yang satu dengan yang lainnya. Salah satu cara yang juga terlihat sedikit ekstrim yaitu direbus dengan suhu tertentu sampai metode-metode alternatif lainnya.

Setelah elemen lensa yang terjangkit jamur dibongkar anda sanggup membersihkannya dengan metode berikut :
 
1. Penyinaran ultraviolet (UV)
Penyinaran cahaya ultraviolet ke dalam lensa akan mencegah timbulnya jamur, soal seberapa baik dan berapa usang penyinaran belum pasti. Rumusnya cukup sederhana yaitu dengan meletakkan lensa yang terkena jamur ditempat kering dan menghadap jendela yang pribadi dimasuki sinar matahari, pasang epilog belakang lensa (caps). Informasi dari beberapa forum-forum fotografi luar negeri dengan memakai metode diatas dan dilakukan selama beberapa bulan terdapat pengurangan subtansial pada jamur lensa.

2. Membersihkan dengan alkohol
Dengan cara sederhana yaitu memakai alhohol 70% keatas sebagai materi pembersih, dan dioleskan pada optik lensa yang terkena jamur dengan memakai cotton bud atau pembersih telinga. Lakukan berulang sampai jamur bersih.

3. Campuran materi kimiawi
Campuran materi kimia dengan memakai materi :
  • Hidrogen Peroksida
  • Amonia.
  • Air mineral.

Cara memakai :
Campurkan materi berupa Hidrogen Peroksida dan amonia dengan perbandingan 50 -50. Gunakan masing-masing materi secukupnya saja atau sekali pakai menyesuaikan kebutuhan lensa yang akan dibersihkan. Makara ketika ingin dipakai gres dilakukan pencampuran kembali. Setelah kedua materi tercampur oleskan pada optik lensa yang terkena jamur dengan pemberian cotton bud/pembersih telinga, diamkan beberapa dikala sampai terlihat jamur mencair/terlepas. Ulangi sampai jamur benar-benar bersih. Setelah higienis gunakan air mineral untuk membilas optik lensa yang telah dibersihkan dengan adonan kedua materi tadi.

Catatan:
  1. Kedua materi tersebut merupakan materi keras dan berbau menyengat. Hindarai terkena kulit lantaran sanggup menjadikan kulit terbakar. Pastikan memakai sarung tangan karet sebagai pengaman.
  2. Kami berusaha memperlihatkan informasi seakurat mungkin, namun segala akhir dan resiko yang ditimbulkan ditanggung sendiri oleh anda. Kami tidak bertanggung jawab atas akhir yang ditimbulkan.
  3. Jika anda ragu dan tidak yakin dengan kemampuan anda, sebaiknya silahkan bawa lensa kamera yang jamuran ke tempat-tempat servis resmi atau bengkel kamera kepercayaan anda.

baca juga :
Cara Mengatasi LCD HP Android Bergaris
Masalah Pada Kamera Digital Yang Sering Terjadi | Belajar Fotografi
 
Demikian beberapa cara menghilangkan dan membersihkan jamur pada lensa kamera yang sanggup kami berikan pada pertemuan kali ini. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat dan tambahan pengetahuan anda mengenai dunia fotografi. Terima kasih ..

No comments:

Post a Comment