Thursday, October 3, 2019

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone ( Sd Card Error / Rusak )

Microsd tidak terbaca - Untuk menemukan cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca oleh suatu handphone langkah apakah yang harus kita lakukan ? Memory card tidak terbaca sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk mengatasinya bila kita sudah mengetahui penyebab dan kerusakan dari Micro SD Card itu sendiri. Kartu memory tidak sanggup terdeteksi oleh hp android itu sebetulnya merupakan persoalan yang seing terjadi bagi pengguna handphone. Maka dari itu akan lebih baik bila kita mengenali faktor yang menjadi penyebab persoalan micro sd error tidak tampil di ponsel android, sebelum kita kebingungan dikala kita membuka file manager namun isi pada kartu memory card menjadi kosong sebab tidak sanggup dibaca oleh perangkat smartphone.

Tanpa kita sadari terlalu sering memindah - mindah kartu sd dari satu hp menuju ke hp yang lain merupakan suatu hal yang menjadi salah satu mengapa sd card tidak terbaca oleh hanphone. Meskipun menjadi perbuatan yang sepele, memory card sering dipindah - pindah sanggup menimbulkan kerusakan yang berasal dari gesekan pada kuning - kuning microsd sehingga ponsel android tidak begitu baik membaca kartu sd tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang rusak pada semua handphone baik itu android, blackberry, iphone maupun microsoft ?

Walaupun kita mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang error, tidak semua persoalan sd card tidak terbaca sanggup kita selesaikan secara total. Sebagai pola bila kartu memori rusak sebab terlipat, terpotong, terkena panas yang mempunyai suhu tinggi itu akan mustahil untuk mengembalikannya kembali.  Oleh sebab itu pada postingan kami kali ini akan mecoba membuatkan tips mengenai cara memperbaiki kartu memori yang error tidak sanggup terbaca oleh handphone.

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone (Sd Card Error / Rusak)

cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone ( Sd Card Error / Rusak )


Sebelum kami membahas lebih jauh perihal bagaimana kartu memori tidak terbaca, ada baiknya bila kita juga mengetahui penyebab dari memory card rusak tersebut yang telah kami ulas selengkapnya dibawah ini :

Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan pada memory card


1. Terlalu sering memindah - mindah memory card
  • Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, sebab harus sering mengikuti keadaan dengan kawasan dan sistem operasi baru. Kartu microsd sebetulnya tidak perlu sering dipindah kecuali bila kita membeli ponsel baru. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data bila ke laptop.

2. Cara memindahkan microsd yang salah
  • Matikan HP terlebih dahulu kemudian tunggu 10 samapi 20 detik sesudah itu gres cabut kartu memory anda merupakan cara yang benar. Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar dikala terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain.


3. Bekerja terlalu keras dalam waktu lama
  • Memaksa kartu memory bekerja ekstra keras dikala menyimpan sebab anutan data yang sangat besar dalam waktu yang singkat sanggup menimbulkan memory card error. Jika HP anda masih memakai aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak hingga maksimal, masih aman-lah dari kerusakan sebab penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melaksanakan tweaking berat, menyerupai mengubah setting penyimpanan video, akhirnya memang luar biasa, menyerupai yang saya gunakan pada Xperia Ray dengan memakai modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file akhirnya sanggup hingga 580 MB.

4. Terkena Minyak atau kotoran
  • Pastikan tangan anda higienis dari kotoran atau minyak dikala memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak sanggup terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

5. Magnet
  • Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca memakai magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari semenjak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet sanggup merusak susunan data yang tersimpan hingga acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet menyerupai speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

6. Terkena suatu virus
  • Virus-virus jaman kini bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda sanggup bekerja maksimal, supaya agresi penucrian mereka sanggup terus berlangsung. Beberapa virus sanggup menciptakan kartu memory anda lumpuh, meskipun musim untuk virus-virus gres tidak lagi menyerupai itu. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file kondusif dari virus. Juga dikala anda download file dari internet, pastikan anda hanya download dari situs-situs yang aman. Khususnya dikala kita sedang download file apk aplikasi atau game bisanya sering terjangkitnya virus pada proses tesebut.

Kita tetap harus menjaga kesehatan kartu memory / microsd dan juga membackup data di dalamnya secara rutin sebab mereka tidak sanggup memperbaiki dirinya sendiri meskipun kita sudah membeli sd card bermerk dan berjenis paling baik. Membackup file yang ada pada memory card sanggup memakai laptop maupun google could.

baca juga artikel menarik lainnya :
Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang Karena Kartu SIM Tidak Terbaca
Cara Melacak Handphone Hilang Yang Kartu SIM Tidak Aktif

Langkah yang harus dilakukan sebagai cara memperbaiki sd card / memory card yang tidak terbaca


1. Membersihkan memori card


  1. Langkah pertama untuk mengatasi persoalan memory card tidak terdeteksi oleh handphone android ialah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kau sudah mematikan hp android anda terlebih dahulu.
  2. Lalu bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) memakai penghapus pensil. Gosok secara perlahan hingga bersih.
  3. Setelah anda merasa yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori ponsel kemudian periksa kondisi sd card sudah terbaca atau belum.

2. Melakukan format memakai hp android


  1. Pertama - tama masuk ke sajian Setting kemudian pilih Storage.
  2. Kemudian di dalam sajian tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, sanggup menciptakan memori higienis menyerupai baru. Namun sebelum anda menghapus kartu memori pastikan bahwa anda sudah membackup file yang ada di dalamnya biar kita kehilangan file tersebut secara permanen.

3. Lakukan pengecheckan error melalui PC


Langkah pertama sambungkan android ke laptop atau PC memakai kabel data.
Lalu pastikan hp android anda sudah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
Kemudian buka Windows Explorer sesudah itu klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties >> Tools >> Error Checking dan tunggu hingga semua proses selesai.
Langkah terakhir eject kartu memorinya, kemudian cek apakah sudah terbaca atau belum.

4. Format memory card dari PC


Langkah ini dilakukan apabila kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer akan tetapi masih belum terbaca di smartphone android anda. Lakukan dengan cara berikut :

  1. Pertama - tama buat folder gres di HardDisk, beri nama terserah anda sebab folder ini akan menjadi kawasan penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  2. Copy semua isi kartu memori kemudian Paste ke dalam folder yang telah anda buat sebelumnya.
  3. Kemudian bila anda sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  4. Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang telah di format tadi.
  5. Langkah terakhir ialah melaksanakan pengecheckan kartu sd tersebut sudah terbaca oleh handphone apa belum.

Demikian postingan kami kali ini yang telah membahas perihal cara memperbaiki microsd yang rusak sehingga tidak sanggup terbaca oleh ponsel maupun tablet. Semoga artikel kami kali ini sanggup memperlihatkan manfaat biar anda yang sedang mengalami persoalan sd card error tidak sanggup dibuka sanggup segera teratasi, sekian dan terima kasih ..

No comments:

Post a Comment