Tuesday, April 28, 2020

Keren! Google Voice Search Bahasa Sunda Dan Jawa Resmi Diluncurkan

– Makin kesini mesin pencari Google semakin arif dalam menawarkan balasan dari pertanyaan yang kita butuhkan. Mulai dari memasukkan keyword, gambar atau foto sampai pencarian suara. Dan hari ini tanggal 12 Spertember 2017, Google meluncurkan fitur terbaru yang pastinya akan disukai oleh para penggunanya yaitu Google Voice Search dalam bahasa Sunda dan Jawa.

Apa itu Google Voice Search? Nah bagi yang benar-benar belum tahu, Google Voice Search ialah sebuah produk dari google yang memungkinkan para pengguna untuk mencari informasi apapun di Google search hanya dengan memakai bunyi alias tanpa harus cape mengetik kata kunci.
 Makin kesini mesin pencari Google semakin arif dalam menawarkan balasan dari pertanyaan KEREN! Google Voice Search Bahasa Sunda dan Jawa Resmi Diluncurkan
Memang benar, fitur ini sudah cukup usang ada yaitu dapat dengan memakai bahasa indonesia atau bahasa inggris. Namun hal yang membuatnya lebih canggih dan Istimewa ialah kita dapat memakai bahasa kawasan yaitu Sunda dan Jawa ketika melaksanakan pencarian. Makin arif dan canggih kan?

Cara Menggunakan Google Voice Search Bahasa Sunda dan Jawa

Pertama kita harus membedakan terlebih dahulu bahwa Google Voice Search itu berbeda dengan Google Assistant. Google voice search dapat dipakai pada perangkat smartphone atau PC yakni melalui browser Google Chrome dengan menyentuh “icon microphone” kemudian gres kita ucapkan kata yang ingin dicari. Dan disini aku akan mencontohkannya pada perangkat Android.
  • Buka aplikasi Google Apps dari drawer Android atau iPhone
  • Setelah masuk ke halaman depan, lihat pada pilihan kolom pencarian kemudian tap “icon microphone”
  • Jika sudah muncul pop-up “Coba ucapkan sesuatu”, ucapkan kata atau kalimat pencarian dalam bahasa sunda atau jawa.
  • Misalnya dalam bahasa Sunda “Kumaha Carana Kaprikornus Ganteng?”
  • Maka akan muncul hasil pencarian dari bunyi tersebut.
  • Begitu pun ketika aku mencoba bahasa Jawa “Tresno karo kowe” muncul juga beberapa pilihan dari hasil pencarian.
  • Selanjutnya tinggal buka saja website yang kau butuhkan.
Pencarian bunyi dalam Bahasa Sunda dan Jawa akan semakin membantu para pengguna untuk lebih gampang lagi dalam menemukan informasi dari Google Search. Dan biar saja fitur google voice search bahasa sunda dan jawa ini juga akan tersedia untuk bahasa kawasan lainnya ya. Selamat mencoba.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment